Rabu, 25 November 2009

Candi

Candi




Candi adalah sebuah bangunan yang digunakan oleh masyarakat Hindu-Budha untuk memuja dewa-dewa. Candi merupakan tempat ibadah bagi orang Hindu-Budha pada masa lampau. Orang yang beragama Hindu-Budha meyakini bahwa dalam candi-candi tersebut terdapat roh-roh, yaitu roh dewa-dewa yang akan mereka puja. Sehingga orang Hindu-Budha sangat berpengaruh dengan candi-candi tersebut.

Di Indonesia banyak sekali terdapat candi-candi, misalnya :
  1. Candi Borobudur (Magelang)
  2. Candi Prambanan (Klaten)
  3. Candi Sewu (Klaten)
  4. Candi Plaosan (Jawa Tengah)
  5. Candi Panataran (Jawa Timur)
  6. dll
Pada masa sekarang, candi-candi tersebut sudah jarang dijadikan tempat ibadah melainkan dijadikan tempat untuk wisata. Contohnya saja candi Borobudur dan candi Prambanan. Candi-candi tersebut uda biasa dijadikan tempat wisata keluarga dan untuk jalan-jalan. Sambil melihat sejarah-sejarah pada zaman dahuLu. Sebenarnya candi-candi yang lain juga sangat unik. Tidak kalah dengan candi Borobudur dan Prambanan, cuma candi-candi yang lain tidak bener-bener di perbaiki atau di benahi sehingga candi-candi tersebut tidak manarik perhatian masyarakat.



sumbr : http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/32/Hindu_Temple_in_Java_%2C_Indonesia.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/66/Borobudur-perfect-buddha.jpg

2 komentar:

  1. haaaaaaaaaaaaaaaaaaaa............... padahal orang hindu sampai sekarang masih menggunakan candi itu untuk sebahyang yaitu pura ..... tapi kalau candi sejarah seperti itu tak tau lagi .....kayaknya iya deh sudah di benahi lagi . seharusnya tidak usah di benahi melainkan di jaga aja ..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku setuju itu kamu memang pintar

      Hapus