Senin, 30 November 2009

Gotong Royong daLam Lingkungan Masyarakat

Gotong Royong
















http://www.kabarindonesia.com/fotoberita/200710230121481.JPG

Gotong royong merupakan suatu perilaku yang tumbuh dari dalam diri kita sendiri yang diwujudkan kedalam masyarakat. Tetapi lama kelamaan perilaku gotong royong tersebut semakin hilang akibat pengaruh dari budaya luar yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Seperti akibat perilaku individualisme dan materialisme.

Sikap individualisme sangat tidak baik jika diterapkan dalam masyarakat karena sikap tersebut sangat egois yang hanya memikirkan kepentingan diri sendiri. Dan apabila kita menerapkan sikap ini dalam melakukan gotong-royong maka akan memperlambat suatu kegiatan yang akan dilaksanakan karena yang hanya dalam pikiran orang tersebut adalah untuk kepentingan diri sendiri dan ingin mecari keuntungan sendiri.

Demikian juga dengan sika
p materialisme yang selalu mengutamakan uang dan harta.
Misalnya, seseorang diminta untuk melakukan suatu tindakan dan orang tersebut selalu meminta imbalan berupa uang. Padahal dalam melakukan tindakan gotong-royong, itu adalah sikap sosial yang tumbuh dalam diri kita masing-masing, jadi kita melakukan tindakan tersebut dengan sukarela dan tidak mengharapkan imbalan dari siapapun.















http://obatngantuk.files.wordpress.com/2009/01/gotong-royong-gempa-sichuan1.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar