Minggu, 29 November 2009

Barongsai


Barongsai




http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/25/Lion_dance_costume.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/1/15/Barongsai.jpg

Barongsai adalah sebuah tarian tradisional suku Tionghua dengan menggunakan kostum yang berbentuk Singa. Adapun sejarah-sejarah tentang adanya barongsai. Pada tahun 1965 tarian barongsai telah diberhentikan dan tidak boleh ditarikan atau dimainkan lagi karena pada saat itu situasi politik yang tidak stabil.
Dan pada zaman pemerintahan Soeharto, masih tidak boleh dimainkan dan satu-satunya tempat yang boleh adalah kota Semarang. Tetapi pada saat ini, barongsai sudah diperbolehkan. Kalau tidak salah dengan memimpinnya Presiden kita Bapak Gusdur. Saat beliau menduduki sebagai Presiden RI, barongsai di Indonesia boleh dimainkan lagi. Dan akhirnya sampai saat ini , Barongsai di Indonesia telah dimainkan secara luas, sampai-sampai meraih juara pada kejuaraan-kejuaraan dunia dan meraih banyak prestasi. Barongsai sangat disukai oleh anak-anak, biasanya pada saat Imlek, anak-anak sampai mengikuti barongsai tersebut kemanapun barongsai itu pergi.
Sekarang yang memainkan barongsai tidak hanya orang-orang dari suku Tionghua tetapi dari pribumi Indonesia juga memainkannya jadi saya kira barongsai saat ini sangatlah luas, tidak membeda-bedakan suku antara Tionghua ataupun pribumu Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar